KBS Music Bank Jakarta

Boyband dan girlband Korea mulai rajin menyambangi Indonesia buat ngadain konser, mulai dari Suju, 2PM, Beast,Mblaq, 2AM, Awalnya, waktu diiklanin di tv, semua pasti ngarep dan rela begadang buat konser-konser tersebut. Tapi begitu liat acaranya, kabur buat tidur. Sebagai orang yang nonton semua konser-konser itu ada beberapa catatan buat yang nyiarin, buat SCTV, RCTI, sama Trans TV. Lalu apa yang salah?

1.    Penempatan/transisi Kamera

Kalo ini gue akuin gue sotoy, tapi karena gue yang nonton jadi gak papa dong gue protes. Sebenarnya gue maklum kameramen kita belum bisa nyari angel yang tepat, gue malah ngerasa mereka bingung mau nyorot apa.
Yang paling gue sebel, waktu penayangan SMTOWN di RCTI, yang nyanyi sapa yang disorot sapa, apalagi pas SNSD tampil, kameramennya sebodo teuing, nyorot yang paling dia suka.

Dan juga gara-gara transisi kamera yang gak begitu bagus kita jadi gak bisa nikmatin dance / performance mereka. Tapi sebenarnya wajar juga mereka masih bingung gitu, alnya kameramen kita kan biasa nyorot band ma solois, tapi kan gak ada salahnya buat belajar, sekarang bo/girlband Indonesia juga udah ulai banyak. Dan saran gue buat para kameramen: gak ada salahnya nyoba nonton acara musik korea buat refrensi nempatin kamera and transisi.

2.    Suka nge-mix penampilan live sama MV

Sebagai fans, kita udah bosen nonton MV, yang pengen kita tonton tu penampilan live, aksi panggung mereka waktu di Jakarta, waktu nyapa fans Indonesia. Jadi kalo mereka ngerasa udah hebat bisa nge-edit performa waktu konser ma MV asli, mereka salah besar, yang ada kite sebel.

3.    Nayangin MV buat gantin performance Saat Konser

Kalo sebelumnya, penampilan saat konser disambungin sama MV, yang ini lebih menyebalkan lagi, kite dikasi nonton MV tok tok! Hello, di Laptop juga ada, gue bisa nonton kapanpun gue mau,,,kalo emang gak dapet hak siar gak usah ditayanginlah kasi yang laen, terus terang kalo gue sich seneng-seneng aja dikasi liputan serunya fans pada ngantri, berjuang buat nonton, itu juga bagus. Yang paling parah tuch waktu SMTOWN di RCTI, kite dikasi nonton MV SPY, Sorry-sorry de-el-el, ya ampun kenape giliran yang bagus gak ditayangin live-nya,,padahal udah capek-capek nunggu, mau liat penampilan live-nya!

4.    Suka salah narasi

Wah ini yang bahaya, kpopers itu 100 kali lebih sensitif daripada penonton biasa, jadi kalo ada salah sedikit aja, baik itu penganter ato apa paling cepet buat protes. Untuk itu diperlukan riset yang mendalam, blog dan website korea kan bejibun tinggal cari di google doang juga^^

5.    Gak tahu Apa yang diinginkan pemirsa yang nonton

Diantara semuanya yang paling parah ya ini. Namanya idola dateng ke negara kita gitu, otomatis yang pengen kita tonton itu penampilan spesial buat fans Indonesia (kalo ini salut buat trans). Sebisa mungkin mereka juga beli hak siar waktu mereka pada memperkenalkan diri pake bahasa Indonesia! Itu kudu, wajib harus. Contohnya perkenalan member SUJU waktu Super Show 4 itu ditayangin SCTV, buat gue seru banget, apalagi Sungmin fasih banget pake bahasa Indonesia, seru juga denger Shindong bilang hatur nuhun.

Hal-hal kayak gitu tu bakalan berkesan bangett, dan gampang bikin TTWW di twitter.
Dan kalo bisa lagi, mereka juga beli hak siar pas boy/girlband interaksi sama fans, jadi gak cuman ngasih penampilan doang gitu.

Intinya sich, namanya orang jualan kudu kenal pasarnya, kalo gak ya bisa rugi,udah beli hak siar mahal, bukannya dapet rating tinggi, malah dapet rendah.

Dan akhirnya, gue harap buat penayangan konser boy/girlband Korea di tahun 2013 nanti, bakalan lebih baik dari tahun ini. Dan please TRANS TV tolong jangan kecewakan kami saat nayangin KBS Music Bank Jakarta
.