sule-dan-eru (450 x 338)Itu adalah kata yang digunakan Sule untuk mempromosikan partner duetnya ini. Setelah KBS Music Bank Jakarta 9 Maret 2013. Eru tidak langsung kembali ke Korea, namun menjadi salah satu bintang tamu di ‘Konser Super Dahsyatnya Saranghaeyo’, untuk mempromosikan lagu duet ciptaan Sule berjudul ‘Saranghaeyo’. Bukan Cuma itu karena ternyata dia juga menyelesaikan pembuatan MV lagu ini. Wow, hari-hari dia di Jakarta kali ini benar-benar dimanfaatkan Eru full untuk urusan pekerjaan.

Para wartawan infotainment sepertinya sangat menikmati sesi wawancara pasca pembuatan MV ‘Saranghaeyo’ hal ini tak lepas dari jawaban kocak Sule seputar interaksinya yang unik bersama Eru. Wajar saja, Eru artis berkebangsaan Korea (yang syukurnya, fasih berbahasa Inggris ) sementara Sule artis berkebangsaan Indonesia yang sayangnya tak bisa bahasa Inggris apalagi bahasa Korea! Kebayang gak tuh, gimana mereka saling ngobrol.

Untuk ini Sule mengaku sengaja menghindari Eru, takut diajak ngobrol pake Bahasa Inggris. Namun demikian Sule sebagai partner duet yang baik memuji Eru yang ternyata hanya butuh 4 hari untuk melakuan rekaman lagu ‘Saranghaeyo’. Meski judul lagu ini bahasa Korea, namun isinya gak cuman bahasa Korea, tapi ada bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda dan Jawa. Bayangkan, Eru yang ngomong Indonesia susah, masih dituntut melafalkan bahasa Sunda dan Jawa. Namun ternyata hasilnya luar biasa! Eru bisa melafalkan tidak cuma part bahasa Indonesia dengan baik, namun juga bahasa Jawa dan Bahasa Sunda. Tidak percaya? Sule pun meminta Eru menyanyikan part berbahasa Jawa, Sunda dan Jawa tersebut. Dan hasilnya, semua wartawan yang hadir bertepuk tangan, salut kepada Eru.

Selasa, 12 Maret 2013 Eru kembali menjadi salah satu tamu di Trans TV yang bertajuk , ‘Show_Imah special Saranghaeyo’. Begitu Eru muncul, artis asal Korea ini menerima sambutan super  heboh dari MC Soimah. Menjadi tamu diacara talksow Indonesia, Eru kembali hadir tanpa ditemani guide. Meski demikian Eru berhasil tampil dengan baik, dan meski terkadang telat ngerespon joke tapi secara keseluruhan dia berhasil membaur diacara sore ini!  Yang lucu, meski jelas-jelas orang di Korea, Soimah tetap tega ngajak ngobrol Eru pake bahasa Jawa. (kalau hal ini, jangankan dia, gue aja sering ngerasa bego’ kagak ngerti die ngomong ape, gue kan gak bisa bahasa Jawa).

Tapi bagian paling lucu, saat Sule ngajak die ngobrol, udah tek-tokan aja gitu kayak ngerti satu sama lain ngomong apa. Padahal Sule pake bahasa Sunda, die jawab pake Bahasa Inggris. Hahahaha…Perfect. Sebelum iklan, Eru dan Sule menyanyikan single andalan mereka ‘Saranghaeyo’. Dan seperti terhipnotis gue gak sengaja ikut nyanyi,

‘Sarangheyo! Aku Cinta Padamu!
Saranghaeyo! Aku sayang padamu!

Saranghaeyo Abdi bogoh ka sarea
Saranghaeyo kulo tresno siramu

Oh! My Darling Kamsaheyo~

Begitu sampai akhir praktis gue kaget, karena ternyata liriknya udah diganti! Syukur dech, emang rada-rada gak enak gitu denger Sule bilang kamsahida, masa udah bagus-bagus awalnya, tiba-tiba akhirnya kamsahida,,, risih gitu. Dalam kaksus ini, seperti diakui Sule, awalnya dia gak tahu kalau kamsahida itu salah. Tapi meski udah tahu salah, tadinya mau dibiarkan buat lucu-lucuan, tapi dia juga ngeh, yang namanya joke juga ada batasnya. Untuk itu dia juga sempat ngobrol sama bapaknya Eru, beliau bilang gak pa-pa kalau  Sule salah sebut, wajar, kan orang Indonesia. Tapi kalau Eru gak boleh salah! Begitu yang diakui Sule saat wawancara dengan wartawan.

Tapi pas tampil di dahsyatnya Konser ‘Saranghaeyo’ Eru malah ikut-ikutan bilang Kamsahida. He..he..he. Eru abunnim, marahin Eru-oppa!  Kabarnya, lagu ini gak hanya akan dirilis di Indonesia, tapi juga Korea, dan ada kemungkinan bakalan dirilis full korea (kalau ada yang minat).

Ternyata Eru gak cuman jadi bintang tamu di Show_Imah, tapi lanjut ke Hitam Putih (Video1 | Video2). asli crazy schedule!

Apapun itu, semoga setidaknya lagu ini sukses di Indonesia dulu, kalau di Koreanya itu balik lagi ke luck-nya Sule-Eru, apa saja bisa terjadi, who knows?