gda 25 - 83 liners

Pada 15 Januari, Sirkuit Internasional Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia menjadi saksi gelar Daesang ketiga yang diterima Super Junior di ajang Golden Disk Awards ke 27 tahun ini.

Grup yang digawangi 13 member ini pertama kali meraih Daesang pada tahun 2009 dengan album ke3 Sorry Sorry, dan sempat digadang-gadang akan meraih award serupa di tahun 2010, Super Junior justru takluk ditangan juniornya, SNSD. Namun seperti tak ingin mengulang kegagalan di GDA 2010, ELF pun memasang target Daesang untuk GDA 2011. Dan berkat tekad dan kecintaan pada idola mereka, Super Junior kembali meraih Daesang untuk album ke5 Mr. Simple (dan bahkan berhasil mengawinkannya dengan Daesang Seoul Music Awards 2012).

Tahun 2012, Super Junior dan ELF-nya tidak memasang target, namun berdasarkan statistik di berbagai portal yang menyediakan informasi mengenai penjualan album (Hanteo maupun Gaon), album ke 6 Super Junior ‘Sexy Free & Single’ menduduki posisi puncak, berdasarkan fakta ini, Super Junior memiliki kans besar meraih Daesang lagi pad GDA tahun ini. Namun seperti berkaca pada tragedi GDA 2010, baik Super Junior maupun fanclubnya seperti lebih berusaha untuk berhati-hati dan berjiwa besar menerima apapun hasil GDA tahun ini. Berkaca pada tahun 2010 lalu, ‘Bonamana’ menjadi album terlaris kala itu. Namun dengan berbagai pertimbangan juri, mereka gagal meraih gelar tersebut.

Gelar Daesang yang diraih Super Junior kali ini, menjadi titik balik, sekaligus momen yang tepat untuk ELF move on dari trauma GDA 2010. Namun sebuah fakta tentu menggelitik ELF. Kembali pada GDA 2010, ketika ELF Korea meminta penjelasan (lebih tepatnya mengintimidasi) pihak GDA untuk membeberkan alasan Bonamana tak raih Daesang. Dan berdasarkan tulisan ELF, pihak GDA salah satunya menyatakan, artis yang sama tak bisa raih GDA dua tahun berturut-turut. (namun tentu saja dalih ini telah dimuntahkan oleh ELF karena tak relevan) Merujuk pada sejarah penganugerahan GDA, dari pertama kali digelar tahun 18 sampai ketika itu GDA 24, faktanya ada beberapa artis yang menerima Daesang 2 tahun berturut-turut seperti 4Men, , dan bahkan ada yang meraih Daesang selama 3 kali berturut-turut. Dan tahun ini Super Junior jadi satu dari sedikit artis yang meraih GDA selama 2 kali berturut-turut, (mengingat statemen pihak GDA 2010 lalu) seertinya THE RULE HAS CHANGE, aturannya berubah lagi ataukah memang tak pernah ada aturan yang tidak memperbolehkan artis meraih Daesang lebih dari sekali.

Apapun itu, saya sangat bersyukur, berterima kasih kepada ELF yang selama beberapa tahun belakangan bekerja begitu keras untuk memberikan yang terbaik kepada SUper Junior, juga berterima kasih kepada fandom lain, karena begitu banyak dari mereka yang juga mendukung Super Junior, dan pada beberapa kesempatan, saling bahu membahu bersama ELF untuk mendukung Suju memenangkan beberapa award.

Akuilah ELF, kalian tidak bisa benar-benar berdikari, meski seringkali mengklaim diri sebagai fandom tersolid di dunia Kpop, namun tanpa mereka pada beberapa kesempatan kalian tak mustahil berhasil. Jadi bangga menjadi ELF namun tak berarti meremehkan fanbase lain itulah yang harus dilakukan sekarang dan ke depannya.

Iklan