Image

Menjadi member di sebuah grup besar seperti Super Junior tentu merupakan kesempatan  yang luar biasa yang tak semua orang dapatkan. Kyuhyun si ‘evil maknae’ 1 dari 13 yang berhasil mendapatkannya. Namun dibalik fortune tersebut, perjalanan hidup yang dialami Kyuhyun tak selamanya mulus.

•    Awalnya Aku Takut Mendengar Cacian
Saat debut Super Junior langsung mendapat berbagai kritikan karena jumlah membernya yang selusin, ‘Apa yang bisa kalian lakukan dengan member sebanyak itu’ dan bahkan keraguan atas bakat yang mereka miliki kerap terdengar. Terlepas dari bakat yang mereka miliki, tapi jumlah member sebanyak itu tentu saja menjadi masalah bahkan untuk member sendiri.

Mendapat bagian bernyanyi hanya 1 atau 2 kalimat atau bahkan tak dapat bagian sama sekai, bagaimana mereka menunjukkan kemampuan mereka? Belum lagi persaingan untuk menjadi sorotan kamera. Ditengah masalah grup ini, Kyuhyun menambah ‘masalah’ dengan memperbesar jumlahnya menjadi grup terbesar di dunia dengan 13 member.
Kyuhyun di SBS Strong Heart mengungkap rasa syukur sekaligus kekhawatiran serta kesulitannya sebagai member termuda di Super Junior. Kala itu Kyuhyun menceritakan bagaimana khawatirnya dia akan mendengar cacian dari orang lain dan bahkan member Super Junior sendiri. Dan diakui atau tidak, Kyuhyun diperlakukan tak adil semasa awal kariernya di Super Junior.

Bagaimana tidak, dia adalah satu-satunya orang di Super Junior yang menjalani trainee hanya dalam waktu 3 bulan. Member lain seperti eeteuk, Donghae bahkan menjadi trainee selama 7 tahun, dan dia bahkan tak mengalami masa-masa sulit, sebelum langsung menjadi artis.  Mendapat keberuntungan seperti ini tentu saja membuatnya menjadi sasaran rasa iri member yang lain. Hal ini diterima Kyuhyun dengan lapang dada. Syukurlah dia bisa membuktikan bahwa dirinya memang layak masuk Super Junior dan karena suara indahnya dia langsung mengisi tempat sebagai vokalis utama bersama Yesung dan Ryeowook. Dan bahkan sejak bergabung menjadi member ke13 Super Junior berhasil meraih penghargaan untuk pertama kali di acara musik di Korea tepatnya di SBS Inkigayo.

•    alamai masa sulit sebagai MAKNAE gara-gara LEADER

Sebagai orang baru, Kyuhyun tentu tak banyak mengenal member lain, selain itu tak seperti member lain yang mengalami masa sulit trainee dibandingkan yang lainnya, Kyuhyun menjadi satu-satunya orang yang tak memiliki IKATAN BATIN YANG KUAT di Super Junior. Untuk membayar semua ini, Kyuhyun mengalami masa-masa sulit diawal kariernya sebagai musisi, dan itu dikarenakan oleh LEADER-nya sendiri. Menurut pengakuan Kyuhyun, saat pertama masuk asrama dia bahkan tak memiliki kamar tetap, dan hanya dibekali kasur gulung, untuk itu dia harus no maden menginap di kamar member satu ke kamar lainnya.

Belum lagi kewajibannya sebagai Dongsaeng untuk melayani 12 orang Hyung-nya. Dan diantara semua hal yang paling tak terlupakan baginya adalah ketika Leeteuk memintanya membuat ramen untuk ke13 member. Kyuhyun mengaku bisa membuat namun karena belum pernah membuat ramen untuk porsi sebanyak itu dia gagal menjalankan perintah Leeteuk. Saat itu Leeteuk marah dan membuang ramen buatannya.

Untuk hal ini Leeteuk menjelaskan, hal itu dia lakukan semata-mata untuk kebaikan Kyuhyun, mengingat Super Junior kala itu hanyalah sebuah grup project, yang membernya sewaktu-waktu akan diganti. Mereka tak tahu sampai kapan mereka bisa bersama dan berada di bawah nama Super Junior, jadi sebisa mungkin mereka harus memlihara ikatan persahabatan antar member, Leetuk yang kala itu menjadi leader, juga mengalami masa sulit untuk mengurus semua member.

•     ‘Sebagai orang baru, Bagaimana Harusnya aku bersikap? Terima Kasih Hyung’


Apakah itu karena Kyuhyun bergabung, atau sudah waktunya, Super Junior meraih penghargaan di acara musik untuk pertama kalinya sejak debut. Single pertama Super Junior, ‘U’ meraih Mustizen song. Alih-alih berteriak atau tertawa bahagia, semua member justru menangis -menitikkan air mata. Seperti itulah rasa sakit saat trainee, rasa sakit sempat hanya menjadi project group, betapa kerasnya mereka berlatih baik vokal maupun koreografi, belum lagi begitu banyaknya komentar miring yang menyakiti harga diri dan perasaan mereka, terbayar.

SEMUA menangis, KECUALI si maknae! Tapi tunggu dulu, dia tak menangis bukan karena dia tak terharu, tak merasa bangga, lebih dari semua itu, dalam benaknya –saat itu- dia mengingatkan diri –sebagai orang baru- apakah dia berhak menangis? Apakah dia berhak menangis, sementara ini mungkin bukan karena keberadaannya, (ini mungkin karena kerja keras member lain yang tela mengalami trainee selama bertahun-tahaun) dan sebelumnya juga Super Junior sudah populer?

Pikiran tersebut membuatnya harus menekan air matanya, membuatnya hanya berjalan berkeliling diantara semua member yang menitikkan air mata. Sampai ketika sang LEADER menghampiri dan memeluknya sambil berkata, “Kerja yang baik, ini semua berkatmu juga”  Setelah itulah dia baru merasa berhak untuk menangis dan bisa menitikkan air mata  dan untuk pertama kali merasa bagian dari Super Junior.

Dan dalama hal ini Kyuhyun mengaku membuang kenangan pahit perlakukan Leeteuk, sebaliknya dia bersyukur memiliki Leader seperti Leeteuk, dan diantara member lainnya satu-satunya hyung yang dia hormati sekaligus paling disukai adalah Leeteuk. Demi menunjukkan cinta dan hormatnya kepada Leeteuk, saat menerima gelar ‘Strong Heart’ Kyuhyun memberikannya kepada sang Leader.

•    Kehidupan Member ke13, Kyuhyun

Hidup tak seperti dongeng sebelum tidur, tak jua cerita fiksi, tapi apa ini, Kyuhyun adalah tokoh nyata dari dongeng! Kecelakaan yang menimpa Kyuhyun 6 Tahun lalu, adalah keajaiban Tuhan yang amat ku syukuri. Aku bukan ELF sejak awal, ketika mendengar Kyuhyun pernah akan meninggal namun hidup lagi, TAK MUNGKIN! Apakah itu hanya cerita yang dibuat manajemen untuk melambungkan nama Super Junior, hal seperti itu bisa saja terjadi. Di dunia Entertainment, jangan terlalu percaya dengan berita yang kalian baca! Jadi aku mulai mengorek informasi, mengenai kecelakaan tersebut. Mencari di Google, di youtube, di fan site, semuanya! Dan begitu melihat video cut beberapa berita stasiun TV setempat, aku hanya bisa bilang, jadi sampai seperti ini~ Melihat van yang mereka tumpangi, melihat seseorang yang tak jelas, Leeteuk atau Kyuhyun diangkut dengan tandu ke ambulance, apalagi yang bisa disangkal?

Dan ketika dia muncul di SBS Strong Heart tahun 2010 lalu menceritakan apa yang menimpa dirinya, aku gagal menemukan kebohongan dalam ceritanya. Untuk mendapat kesempatan kedua dia sangat bersyukur kepada Tuhan dan orang-orang ini, dan aku juga berterima kasih untuk Yang luar biasa ini: Terima Kasih Tuhan Untuk membiarkan Kyuhyun Tetap Hidup, Terima kasih Ayah Kyuhyun, untuk berargumen dengan dokter supaya pita suaranya tak diangkat sehingga dia tetap menjadi vokalis utama Super Junior, terima kasih dokter yang telah mengoperasinya dengan selamat. Dan hal yang tak terlupakan untuk Kyuhyun, terima kasih untuk semua fanbase yang telah bertepuk tangan untuknya saat pertama kali tampil setelah dia sembuh!

Pada kehidupan keduanya, dia BENAR-BENAR menjadi member Super Junior.

•    Menjadi vokalis utama, namun tak begitu menonjol
Kesempatan hidup untuk kedua kali. Di kehidupan barunya, dia kembali menjadi vokalis utama Super Junior, membentuk sub grup KRY, dan Super Junior M. Menjadi orang yang selalu bernyanyi namun jarang membuat berita. Hal itu adalah TAKDIR VOKALIS UTAMA. Hal ini dialaminya sampai album ke3 “SORRY SORRY” .

•    Gantikan Posisi Kosong Yang ‘Ditinggalkan’ Hangeng.
Di puncak karier, Super Junior harus kehilangan Hangeng, dancer utama Super Junior. Hangeng meninggalkan posisi 4 dancer terdepan -Khas Super Junior- Kyuhyun mengisi posisi itu. Member yang secara fisik tak se-bugar member lain (pasca kecelakaan) selain iu dia juga bukan dancer yang baik, dalam artian dia bukan EXPERT DANCE, dia vokalis! Semua fans tentu menemukan sesuatu yang berbeda di BONAMANA, dan penampilannya tak buruk. Sejak saat itu dia merangkap Vokalis sekaligus dancer.

Mungkin karena hal ini, jika kalian membandingkan Kyuhyun saat promosi Sorry Sorry dengan setelah promo Bonamana (sampai sekarang) dia terlihat lebih bugar dan sehat. Nge-dance juga olah raga, mungkin itu juga berpengaruh untuk pemulihan fisiknya.

•    Kyuhyun, Rising Star yang dicetak Radio Star, Terima Kasih Pada Duo Kim

Saat Kim Heechul secara mengagetkan mendaftarkan diri wajib militer, meninggalkan kegiatan promosi Mr. Simple dan kursi MC di MBC radio star. Bagi Super Junior itu merupakan pukulan tersendiri namun tak ada pilihan lain, mereka terus melakukan promosi tanpa Kim Heechul. Sementara bagi MBC Radio Star, kursi MC yang ditinggalkan Heechul harus kembali terisi, kursi itu diisi Cho Kyuhyun. Sama mengagetkannya bagi pemirsa Korea, ELF pun mengalami hal senada.

Bagaimana mungkin seorang evil maknae, yang tak pernah menjadi MC sebelumnya, dan minim pengalaman seperti itu ditunjuk menggantikan MC Kim Heechul, apa yang bisa dilakukan di sana, apakah keberadaannya justru akan berakiba buruk bagi Radio Star. Kekhawatiran seperti ini mengiri kariernya sebagai seorang MC, namun dengan keyakinan serta pengalamnnya, Kim Gura yakin atas bakat terpendam Cho Kyuhyun. Saat itu Kyuhyun sadar menerima tawaran itu sangat beresiko, tapi tetap itu adalah sebuah kesempatan yang tak ingin dia sia-siakan. Hanya butuh 3 bulan, popularitas Kyuhyun meroket, profesinya sebagai MC membuat namanya menjadi obrolan di berbagai portal berita. Sambutan hangat, sekaligus sanjungan pun diperolehnya, saat itu tak ada lagi yang meragukan bakat MC-nya meskipun hanya seorang ‘MC debutan’.

Skala kemunculan Kyuhyun di acara TV Korea pun padat, dan selain Leetuk, Eunhyuk dan Shindong, nama Kyuhyun sekarang menjadi daftar member Super Junior yang wajib tampil di acara variety maupun talk show. Dan Kyuhyun kerap kali diminta MC lain untuk menunjukkan gaya MC Radio Star-nya yang khas dengan komentar tajam, yang benar namun menyakitkan untuk di dengar.
Dan ketika Super Junior berkunjung di acara Radio Star, ketika Kyuhyun bertanya, “Bagiku (Siwon) Kyuhyun adalah…”
Siwon menjawab, “RISING STAR, seorang rising star yang diciptakan oleh Radio Star”

Dan kala itu Siwon juga untuk pertama kalinya mengungkap kebahagiaannya karena Kyuhyun akhirnya ‘TERKENAL’, dan menunggu hal-hal baru yang bisa dicapainya ke depan.
Untuk ini, Kyuhyun mengaku bahagia member Super Junior akhirnya menjadi tamu di acaranya dan merasa akan menitikkan air mata, namun Kyuhyun tak menangis seperti yang diungkapkannya di Strong Hear, Kyuhyun takkan menangis lagi, tidak setelah peristiwa kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya 5 tahun silam.
Sekali lagi hal ini takkan terwujud tanpa Kim Heechul (meski jika boleh memilih dia tak masuk wamil secepat itu, namun karena semua telah terjadi, terima kasih untuk meninggalkan Radio Star) dan Kim Gura (terima kasih untuk menemukan bakat terpendam ‘evil maknae’ kami).

•    Kyuhyun Setelah MC, Beraktinglah!

Tahun 2013 ini sepertinya akan menjadi tahun tersibuk yang pernah dijalani Kyuhyun sebagai member Super Junior. Selain karena dia adalah member ke13, sepertinya jika angka sial bertemu dengan angka sial bisa membuat keberuntungan yang berlipat. Ingat MINUS x MINUS = POSITIF.

Kita tahu Kyuhyun kini terbilang sukses jadi MC, namun, mengingat posisinya sebagai vokalis utama (mengutip pernyataan Leeteuk) tentu menjadi dilema tersendiri. Bagaimana mungkin dia seorang vokalis utama (dan diakui atau tidak, dia adalah ‘face of the group’) menjadi lucu, imej demikian tentu tak baik untuknya dan juga untuk Super Junior. Apapun itu, sebagai fans kita semua tentu berharap SM secepatnya memutuskan imej baru yang pas untuk Kyuhyun, tanpa membunuh bakat MC-nya dan pastinya juga tak mempengaruhi Super Junior. Semoga ke depannya kita dapat terus menyaksikan dia sebagai MC dan mendengar ‘komentar-komentar yang benar namun menyakitkan’ yang khas selain itu semoga Kyuhyun dapat terus meningkatkan kemampuan MC-nya dan menjadi salah satu MC Nasional Korea.

Terlepas dari bakat MC-nya yang baru ditemukan, sepertinya ada bakat lain yang juga harus di-eksplor oleh SM, yaitu bakat akting. Melihat kemampuan aktingnya saat di “tvN Seol Night Live 2”, Kyuhyun sepertinya harus memulai debutnya sebagai aktor. Selama ini Kyuhyun tak pernah terlihat beradu akting, sebelumnya dia pernah terlibat dalam teater, tapi berakting di teater dengan akting biasa tentu berbeda, namun Kyuhyun mampu menunjukkan bakatnya di SNL2. Meski saat dipuji karena dia menjadi member yang paling sering muncul di SNL2 Kyuhyun menanggapi enteng dengan bilang, ‘Itu karena aku yang paling tidak sibuk diantara member yang lain’ tapi tetap saja, kemampuan aktingnya tak bisa diacuhkan.

Saat ini, Siwon dan Donghae menjadi member Super Junior yang berkecimpung di dunia akting, bukan sebuah ide buruk untuk menambah jumlah member yang terjun di dunia akting. Kyuhyun sepertinya memiliki kans untuk berjaya di dunia akting. Tahun ini, aku ingin melihatnya berakting di sebuah drama, lalu kita lihat seberapa jauh kemampuannya.

**kyuhyun MITOS-REAL super junior!

Saat menyebut berakting adalah yang menggelitik, Kyuhyun sebagai member dengan ANGKA SIAL 13 memiliki semacam KECENDERUNGAN buruk. Ingat Kyuhyun menjadi 4 dancer depan, setelah Hangeng pergi, kemudian menjadi MC Radio Star setelah Kim Heechul masuk wamil. Jangan sampai dia berakting karena member lain masuk wamil. Rupanya takhayyul angka 13 itu sedikit bekerja di Super Junior???

Sepertinya Kyuhyun akan mampu berakting lebih baik dari Siwon & Donghae. Tentu ini adalah pendapat pribadi, aku mengatakan ini setelah melihat dia untuk pertama kalinya berakting di SNL2.

Dan sama seperti Super Junior seperti yang disampaikan di KBS Star Life Theatre –untuk ini sebut aku serakah karena- aku ingin melihat Super Junior menerima penghargaan di acara musik, entertainment dan drama/film. Kapan impian itu terwujud, atau mungkin takkan terwujud, who knows~