The Moon that Embraces the Sun telah berakhir, namun hype-nya masih terasa sampai sekarang. Berikut ini 5 hal tak terlupakan dari drama populer ini.

Karisma baru Si Raja Yang Ganteng Dan Imut, Kim Soo Hyun

Kim Soo Hyun, diakui atau tidak, merupakan magnet kuat dari drama ini. Meski mulai mencuri perhatian pemirsa sejak bermain di Dream High, namun popuaritasnya masih kalah dengan yang diterima begitu bermain di drama The Moon That Embraces The sun. Kini akting Kim Soo Hyun mendapat pujian 100%. Karena popularitas ini, keberadaannya sebagai raja lebih tepat digambarkan sebagai “sindrom”. Wajahnya yang elegan kian sempurna setelah mengenakan ikseongwon (topi kerajaan). Meski ini adalah sageuk (drama kolosal) pertamanya, namun aktingnya yang memukau didukung suara tinggi rendah has drama kolosal patut diacungi jempol.

Berkat aktingnya di drama ini, kepopulerannya kini melebihi Hyun Bin di Secret Garden. Hal ini salah satunya terlihat dimana semua keyword pencarian berhubungan dengan Kim Soo Hyun berada di peringkat teratas. Tawaran iklan dan film datang terus menerus, sukses membuatnya harus ekstra menyeleksi tawaran-tawaran menggiurkan tersebut.

Kata-kata Klasik (Yang Tak Terlupakan)

Ketika  Lee Hwon (raja Joseon / Kim Soo Hyun) belum mengenali Heo Yeon Woo dan berkata kepada Wol, “Kau tidak diijinkan berada jauh dariku, ini adalah perintah kerajaan.”

Pada episode terakhir ketika Lee Hwon bertanya kepada Yeon Woo, “Siapa Kau?” Yeon Woo menjawab, “Wanita milik raja,  juga ibu dari negara ini, Heo Yeon Woo.”

Namun yang paling populer adalah ketika Lee Hwon muda / (Yeo Jin Goo) berkata kepada Yeon Woo muda (Kim Yoo Jung), “Kau ingin aku melupakanmu? Berharap dapat melupakanmu? Maaf, aku ingin lupa tapi tidak dapat melupakanmu,” kalimat ini berhasil menjadi buah bibir pemirsa Korea.

Akting memukau dari aktor cilik

Aktor cilik memegang peranan penting dalam menegakkan fondasi drama. Penampilan dari  Kim Yoo Jung, Yeo Jin Goo, Kim So Hyun, Lee Min Ho, Siwan ZE:A dalam berakting patut diacungi jempol, bahkan diklaim melebihi akting dari seorang aktor. Para pemirsa benar-benar kagum dengan akting mereka dan merasa sedih ketika mereka tak muncul lagi pada episode 7.

Hal ini mampu mengangkat karier Kim Yoo Jung dan Yeo Jin Goo, meraih perhatian dari semua kalangan. Menerima tawaran berbagai iklan, dikasting di berbagai drama dan film, begitu juga dengan Lee Min Ho (1993), yang berperan sebagai pangeran Yang Myeong kakak putra mahkota.

▶ Soundtrack, dan berbagai pernak-pernik yang mengundang perhatian pemirsa

Soundtrack juga memegang peranan penting dalam suatu drama. Lagu Back In Time, yang dinyanyikan oleh Lyn mampu mengalahkan grup populer Kpop sebut saja T Ara – Lovey Dovey, dengan menjadi nomer 1 di berbagai situs musik dan bahkan billboard chart. Toko-toko di sepanjang jalan dan juga cafe, memutar lagu Back In Time untuk mengundang pelanggan. Begitu juga 13 Maret 2012, saat Only You One Person, yang dinyanyikakn oleh pemeran utamanya,K im Soo Hyun rilis, menjadi keyword populer.

Dan juga begitu banyak merchandise yang laris manis berkat drama ini. Secara umum, untuk drama historis seperti The Moon That Embraces The Sun sangat sulit untuk mendapat penghasilan dari penjualan produk merchandise, namun jika itu The Moon That Embraces The Sun, maka pasti bisa (mengutip kata-kata putra mahkota ketika, mengetahui putri mahkota akan mengalami kesulitan mempelajari berbagai ha menyangkut tata krama kerajaan). Sebut saja teh krisan yang disediakan untuk Lee Hwon, surat berbunga yang sengaja dibuat oleh Yeon Woo muda untuk Lee Hwon muda semuanya menjadi produk populer, laris manis di pasaran.

Mendatangkan Begitu Banyak Uang

Tidak hanya meraih popularitas tinggi, The Moon that Embraces the Sun juga mendatangkan banyak uang.

Berikut rincian pendapatan dari drama ini.

  1. Iklan —> 13 miliar Won
  2. Episode perdana —> 8.6 miliar Won
  3. Tayang ulang —>  2.6 miliar Won
  4. Iklan yang mengatasnamakan drama —> 0.8 miliar won
  5. Episode spesial —> 1.1 miliar won
  6. Penjualan Hak siar (ekspor) ->150 miliar won / episode (hak cipta saja) bisa meningkat 20 miliar won. Sementara untuk chanel kabel dan VOD, bisa lebih dari itu.

Nah, inikan menurut penulis artike Ilgan Sport, kalau untuk kalian sendiri, apa saja yang paing berkesan dalam drama ini?

source: asian-drama.org | Ilgan Sports
Iklan