Pertanyaan itu tentu sering terlintas di benak kita kapanpun Gaon merilis ranking penjualan album tiap minggunya. Dijajaran penjualan album, selalu dipenuhi boygroup, hanya 1, 2 girlgroup yang menyelingi deretan tersebut. Seperti yang terlihat pada post sebelumnya  mengenai report penjualan digital dan album sepanjang tahun 2011 (dari januari sampai 1 oktober).

Top 10 penjualan album tahun ini (dengan pengecualian KARA di posisi 8) ditempati oleh boygrup. Dimana, Super Junior, TVXQ, dan JYJ berada di posisi top3.

Terkait fenomena ini, Choi Kang Ho, Direktur dari Music Contents Industry Association (yang mengoperasikan Gaon Chart) menyatakan,“Untuk offline atau penjualan album, mayoritas konsumer adalah loyal  fans dari sebuah grup dibandingkan penikat musik biasa. (Sehingga) Boy group yang memiliki hubungan erat dengan fans dibanding girl group, menunjukkan penjualan album yang tinggi.”

Dengan demikian dapat disimpulkan (hehehehehe….kayak buat makalah azza^^) Itu berarti semakin banyak dan loyal fanbase, maka semakin tinggi penjualan album grup tersebut.

Kalian setuju dengan pendapat ini? Atau ada punya pendapat sendiri?

Herald Biz via Naver | Inggris: Allkpop | Alih Bahasa: puchicatos