Melalui bincang – bincang di episode terbaru “Radio Star” MBC, member kedua Super Junior yang masuk wamil, Kim Heechul mengungkap alasan kenapa belakangan banyak tuduhan negatif yang ditujukan kepada dirinya setelah masuk wajib militer.

Pada 14 September sebagai ‘personel layanan publik’, artinya dia kemungkinan akan ditempatkan di stasiun kereta dan menjual tiket atau mengangkut Tentara lain (kasarnya sich jadi sopir) jika dibutuhkan. Melihat posisi-nya dapat kita pastikan dia tidak akan melakukan kegiatan fisik yang berat sebagaimana anggota militer lainnya.

Di Korea (untuk wajib militer), posisi layanan publik seperti ini biasa diperuntukkan untuk mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan fisik. Sementara Heechul sendiri, berasal dari sebuah grup boy band yang hampir semua lagunya ditampilkan dengan dance yang enerjik, dan selama ini Heechul dikenal sebagai dancer/penyanyi yang sehat. Karena pembagian posisi inilah, banyak yang melayangkan tuduhan negatif kepadanya.

Lalu apa tanggapan Heechul? Dia menjelaskan

Empat tahun lalu, Saya mengalami kecelekaan parah. Kaki kiri saya patah dengan parahnya dan untuk itu butuh banyak batang,

Dan sebenarnya inilah kenapa belakangan ini Heechul seperti terlihat “ogah-ogahan” melakukan dance, dan seperti apapun ribet dan enerjik-nya dance Super Junior, Heechul pasti tampil dengan gaya simple-nya sendiri.

Source + Photos: DongA via Naver
English version: Allkpop
Alih Bahasa: puchicatos